Kamis, 18 Juli 2013

Bontang Kuala, Taman Nasional Kutai

Ketiga :

Masih tentang travelling, baru ini yang bisa di share...kali ini gw akan bercerita tentang travelling gw ke Borneo atau Kalimantan, banyak hal yang gw dapat disana, daerah yang berbukit-bukit yang di penuhi pohon yaaa tepat nya hutan dan banyak juga aktifitas tambang dari mulai tambang tradisional sampai tambang perusahaan besar.

  • Bontang Kuala
Pintu Masuk Area Bontang Kuala

Bontang Kuala, Perumahan tradisional yang berdiri di atas laut, sekitar 10 menit dari pusat kota bontang dengan akses jalan yang sangat mudah. Dengan pemandangan yang indah dan rapi menurut gw bontang tempat yang paling nyaman di Borneo. Hal yang unik disini banyak aturan yang harus dipatuhi pengunjung mulai dari jangan buang sampah sembarangan sampai merokok di kawasan yang telah ditentukan.

Memasuki kawasan perkampungan Nelayan
Terpampang jelas soal aturan yang harus dipatuhi pengunjung, masyarakat sekitar benar sadar lingkungan, 


Rumah Apung

Perkampungan hampir semua berhadapan langsung dengan laut, pemandangan menarik hampir semua pendapatan penduduk dari menangkap ikan...gk kebayang buka pintu rumah langsung laut...


Aktifitas di sore hari

Pemandangan yang tidak asing lagi di daerang Bontang kuala, anak-anak kecil yang pandai berenang dan didukung dengan air laut yang jernih walau di daerah perkampungan.

Suasana Perkampungan

Aktifitas masyarakat

Bukan sekedar slogan semata tentang menjaga lingkungan, hal ini didukung dengan fasilitas yang memadai, pengunjung tidak akan sulit untuk menemukan tempat sampah, semua sudah tersedia.
"Bontang Kuala Cerminan masyarakat yang berbaur dengan kearifan lokal"

  • Taman Nasional Kutai

Pintu Masuk TNK

Taman Nasional Kutai, salah satu Taman Nasional yang ada di Indonesia tepatnya di Pulai Kalimantan. Di taman Nasional ini pengunjung dapat melihat berbagai macam Vegetasi asli Pulau Kalimantan, Misalnya Pohon Ulin atau sering di kenal dengan Kayu Besi karena ketahanannya terhadap rayap. Dengan Harga Tiket Rp.3rb Rupiah pengunjung dapat menikmati pemandangan Hutan yang Asri, Terletak 30 menit dari Pusat Kota Bontang dengan akses jalan yang mudah sekali, jalan yang lurus dan mulus naik turun bukit melewati hutan belantara. 

Orang Utan
Di Pintu masuk pengunjung langsung disambut Baby Orang Utan yang berkeliaran bebas, dan sudah akrab dengan manusia jadi pengunjung tidak usah khawatir dengan hewan asli kalimantan tersebut.

Track Menuju Kedalam Hutan
Track terbuat dari kayu Ulin
Untuk menuju kedalam Hutan, pengunjung dipermudah dengan Track yang sudah disediakan. Di kelilingi pohon besar dengan keamanan yang sudah terjamin, membutuhkan waktu sekitar 2 Jam untuk mengelilingi Track Sangkima, dan akan bertemu denagn pohon Ulin yang usianya sudah 1000 tahun...woooow tua sekali ya..

Pohon Ulin yang Berusia 1000 tahun

Keterangan Pohon Ulin 
Pengunjung dapat bersantai dan berfoto-foto sejenak di sekitar pohon Ulin raksasa tersebut, suasana sekitar yang rindang dikelilingin pepohonan.

Sungai di TNK
Taman Nasional Kutai dilalui oleh sungai yang berwarna kecoklatan..'ada buayanya gk ya....,seimbang sekali keadaan sekitar di lengkapi dengan aliran sungai.

Jembatan Track Sangkima
Hati-hati untuk melewati Jembatan tersebut, sengaja didesain Jarang-jarang agar pengunjung dapat merasakan Sensasi petualangan Sangkima di TNK.

Jembatan Gantung
Menarik sekali melewati jembatan ini, dengan di toapng dengan kwat baja dan kayu ulin, pengunjung harus berhati-hati untuk melintasinya, karena jembatan ini akan goyang mengikuti arah langkah kaki, da beberapa pengunjung yang iseng-iseng sengaja mengayun jembatan tersebut..dan walhasil semua nya Histeriss...

Pembibitan Tanaman :Ulin
Upaya untuk melestarikan Hutanpun digalakan oleh penjaga Taman Nasional Kutai, sebagai bukti melakukan terus menerus budidaya tanaman dengan membuat lahan untuk pembibitan tanaman. Konservasi ini di dukung oleh perusahaan-perusahaan di sekitar Tanaman Nasional Kutai.
"Save Our Forest"


4 komentar:

  1. Weleh...welehhh...sobat gw udah berani pindah kuadran rupanya.
    5 Jempol deh bwt lw,
    kembangin terus skill fotographnyee yee...
    kerent-kerent euuy....

    BalasHapus
  2. Thanxs dah mampir djarwook...
    5 jmpol jg buat jepretan u...
    Iya neh msh hrys d asah,,,
    Sukses broow

    BalasHapus
  3. Wew ngebaca blog nya serasa lg berkeliling di kutai ..hehheh tp serem juga ya liat kali nya ngebayangin mungkin aja ada buaya nya

    BalasHapus
  4. Hehehe...Emang ada tuh buaya a bu...sungai dsana gkda yg bening, keruh semua, soal a gk da bebatuan a...
    Thanxs dah mampir bu...

    BalasHapus